Lahirnya Pesparawi Nasional

Dilihat dari riwayatnya, Pesta yang bersifat Gerejawi pada umumnya tidak lepas koor-koor nyanyian gereja yang dikumandangkan oleh berbagai kelompok seperti kaum ibu, muda mudi, koor gereja tersebut telah dijadikan sebagai kegiatan bersama di luar gereja yang diberi nama Festival Koor DKI Jakarta, yang penyelenggaraannya tiap tahun pada waktu sekitar hari PASKAH dan Hut DKI Jakarta yaitu Mei atau bulan Juni.

Memperhatikan situasi kehidupan beragama seperti di atas, maka pada tahun 1973 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen mengangkat kegiatan koor Gerejawi yang sifatnya intern dan lokal itu ke permukaan yang lebih tinggi. Sejak diperkenalkan PESPARAWI sebagai salah satu kegiatan kesenian yang bernafaskan keagamaan ternyata mendapatkan sambutan yang positif di berbagai daerah seperti di Nusa Tenggara Timur, Kalimatan Tengah, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi, Jawa Timur, dan lain-lain. Sambutan bukan hanya dari umat Kristen tetapi juga oleh gereja dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini menjadi kegiatan bersama yang saling membantu dengan penuh rasa saling hormat menghormati, sesuai dengan sifat bangsa indonesia yang sosialis dan religius.

Dalam perkembangannya, PESPARAWI pertama kali diselenggarakan di Jakarta tahun 1983, kedua di Manado tahun 1986, ketiga tahun 1990 di Semarang, dan keempat tahun 1992 di Palangkaraya, kelima di Jawa Timur tahun 1996, keenam di DKI tahun 2000, ketujuh tahun 2003 di Makasar, kedelapan di Sumatera Utara tahun 2006, kesembilan di Kalimatan Timur tahun 2009 dan kesepuluh tahun 2012 di Sulawesi Tenggara.

Dalam sejarah Alkitab tercatat bagaimana umat Allah mengumandangkan pujian dengan mazmur dan iringi dengan berbagai alat instrumen musik bahkan dengan tari – tarian sebagai salah satu cara untuk menggambarkan rasa sukacita atas pemeliharaan Tuhan dalam perjalanan bangsaNya di dunia ini. Untuk mengaktualisasikan pemahaman itu maka umat kristen di seluruh dunia mengumandangkan nyanyian pujian untuk kebesaran Tuhan.




 

This entry was posted in Lahirnya Pesparawi Nasional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s