Peranan Pesparawi Bagi Pembangunan Iman Warga Gereja

Adapun Visi PESPARAWI adalah “Terwujudnya kebersamaan dan kesatuan umat dalam memuji Tuhan melalui Paduan Suara berkualitas”. sedangkan Misi Pesparawi adalah :

  1. Mewujudkan PESPARAWI sebagai agenda Nasional di bidang keagamaan.
  2. Meningkatkan kualitas Paduan Suara Gerejawi.
  3. Meningkatkan Penyelenggaraan Pesparawi daerah dan Nasional agar semakin berkualitas

PESPARAWI sebagai misi gereja adalah kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu membina persaudaraan, kesatuan dan persatuan terutama memperkokoh iman percaya kepada Tuhan yang dinilai sebagai suatu hasil yang positif. Pesparawi harus mewujudkan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah secara nyata dan baik yang melukiskan kesatuan dan persatuan bangsa. sebagai umat Kristen, kita harus menyadari bahwa dari setiap kita dituntut tanggungjawab dan refleksi iman.

Peranan PESPARAWI bagi pembangunan iman warga gereja, yaitu apabila kita menyelenggarakan PESPARAWI, ada beberapa hal yang harus kita lakukan antara lain:

  1. Bagaimana supaya kualitas iman ketakwaan kita semakin meningkat. Gambaran dari kualitas iman yang semakin meningkat adalah bahwatata cara dan pola hidup kita akan semakin meningkat mengarah kepada kepenuhan firman Tuhan yang hidup dalam kasih. Hidup dalam kasih berarti juga peduli terhadap sesama. Kepedulian harus merupakan bagian dari pelayanan kristiani yang perlu terus dikembangkan khususnya dalam era pembangunan nasional saat ini, rasa kasih itu sangat dibutuhkan agar kesejahteraan masyarakat semakin terwujud. Hendaknya kita saling memperhatikan satu dengan lainnya. Yang merasa dirinya mampu handaknya menopang mereka yang lemah.
  2. Hidup dalam kasih menciptakan rasa kebersamaan persaudaraan, kerukunan. Sebagai umat Kristen, kita hadir dalam keanekaragaman dedominasi. Tapi hendaklah keanekaragaman itu kita pahami sebagai anugerah  Tuhan yang harus disyukuri bukan sebaliknya menjadi ajang pertentengan. Apabila PESPARAWI yang kita rindukan ini terwujud dalam suasana kerukunan itu berarti tembok pemisah akan dapat kita hilangkan sehingga  setiap umat Kristen dimanapun dan dari aliran dedominasi gereja manapun, harus merasakan bahwa kita adalah saudara seiman.
  3. Dalam PESPARAWI dilaksanakan perlombaan antar kontingen Paduan Suara baik Dewasa, Anak-anak, maupun Vokal Group. Disamping itu, lomba Cerdas Cermat Alkitab dan Baca Indah Alkitab. Dalam PESPARAWI, kita tidak mengenal istilah pertandingan tetapi pertandingan hanya karena istilah. Dalam pertandingan, orang akan bersikap saling mengalahkan dan menjatuhkan tetapi dalam PESPARAWI dititiberatkan pada kualitas pembinaan.

Beberapa Gereja sampai saat ini belum sungguh-sungguh mendukung PESPARAWI karena di pengaruhi oleh istilah tadi. Sehingga ada suara mengatakan, mengapa nyanyian gerejawi di pertandingkan. Barangkali pernyataan itu harus dipahami dengan pengertian “Kualitas Paduan Suara dipertandingkan”.

Oleh karena itu, Pesparawi Nasional ini diharapkan agar seluruh gereja turut berperan serta mengingat bahwa PESPARAWI adalah bagian tugas pelayanan gereja. Apabila nyanyian gereja dipertandingkan itu berarti bahwa setiap kali kualitas kemampuannya harus semakin ditingkatkan sekaligus bagian dari upaya kita meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

This entry was posted in Lahirnya Pesparawi Nasional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s